Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP)
Vol. 2 (2019): Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP) Ke 2 Tahun 2019

Implementasi Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan M-APOS pada Matakuliah Aljabar Abstrak

Enny Listiawati (Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Bangkalan)



Article Info

Publish Date
04 May 2021

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar dan respon mahasiswa dengan implementasi pembelajaran berdasarkan pendekatan M-APOS pada matakuliah aljabar abstrak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan subjek penelitian adalah 38 mahasiswa program studi pendidikan matematika semester VI yang sedang mengampu matakuliah aljabar abstrak II. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi ring. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa bahan ajar yang terdiri dari Lembar Kerja Tugas (LKT), Lembar Kerja Diskusi (LKD) dan soal latihan. Selain itu digunakan istrumen soal tes hasil belajar dan angket respon mahasiswa. Teknik pengambilan data penelitian dengan menggunakan teknik tes dan pemberian angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa tuntas secara klasikal dengan persentase mencapai 95%. Sedangkan respon mahasiswa positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan M-APOS dan mencapai rata-rata respon positif mahasiswa sebesar 91,5%. Kata kunci : M-APOS, Hasil Belajar, Respon

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

snhrp

Publisher

Subject

Other

Description

Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP) merupakan salah satu ajang mempertemukan para peneliti disemua bidang pada tingkat nasional. Tujuan diadakan kegiatan ini agar peneliti akan mampu mengembangkan jaringan sosial, bertukar pengetahuan dan membangun jaringan yang kuat antara komunitas ...