Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas media pembelajaran Biology Smart Apps (BISA) berdasarkan penilaian ahli dan respon siswa pada materi Archaebacteria dan Eubacteria. Pengembangan media pembelajaran Biology Smart Apps (BiSA) mengadaptasi alur pengembangan model Luther yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap concept (konsep), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), dan testing (pengujian). Hasil penelitian berdasarkan penilaian ahli dan praktisi mendapatkan kriteria sangat valid, dengan rincian penilaian dari ahli media sebesar 85% (sangat valid), ahli materi I sebesar 88% (sangat valid), ahli materi II sebesar 85% (sangat valid) dan praktisi sebesar 91% (sangat valid). Selanjutnya, Media pembelajaran Biology Smart Apps (BiSA) pada materi Archaebacteria dan Eubacteria untuk siswa kelas X SMA/MA berdasarkan uji lapangan mendapatkan kriteria sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan perolehan persentase respon siswa sebesar 83% .Kata kunci : Biology Smart Apps, Archaebacteria, Eubacteria
Copyrights © 2019