Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan Mathematical Word Problems yang disusun berdasarkan taksonomi SOLO. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah enam orang siswa SMK Al-Masturiyah Langkaplancar Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor yang mewakili kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesalahan konsep dilakukan oleh siswa pada kelompok kemampuan matematika sedang dan rendah. Kesalahan konsep yang dilakukan adalah penggunaan teorema atau rumus oleh siswa tidak sesuai dengan kondisi prasyarat berlakunya rumus tersebut. Kesalahan menggunakan data dilakukan oleh semua kelompok kemampuan yaitu tidak menggunakan data yang seharusnya dipakai. Kesalahan interpretasi bahasa dilakukan oleh siswa pada kelompok kemampuan sedang dan rendah yaitu kesalahan dalam menyatakan bahasa sehari-hari dalam Bahasa matematika dan kesalahan menginterpretasikan simbol-simbol, grafik dan tabel ke dalam Bahasa matematika. Kesalahan teknis hanya dilakukan oleh siswa pada kelompok sedang yaitu kesalahan penulisan bentuk pertidaksamaan. Kesalahan penarikan kesimpulan dilakukan oleh semua kelompok kemampuan yaitu melakukan penyimpulan tanpa alasan pendukung yang benar dan melakukan penyimpulan pernyataan yang tidak sah dengan penalaran logis Kata Kunci : Kesalahan, Taksonomi SOLO
Copyrights © 2021