Chemistry Education Practice
Vol. 4 No. 3 (2021): November

Hubungan Antara Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Mahasiswa Pendidikan Kimia di Universitas Mataram

Baiq Hesti Yuliatin (Universitas Mataram)
Agus Abhi Purwoko (Universitas mataram)
Muntari Muntari (Universitas Mataram)
Mutiah Mutiah (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kreatif pada mahasiswa pendidikan Kimia di Universitas Mataram. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex-post facto . Populasi penelitian sebanyak 160 mahasiswa dengan jumlah sampel sebanyak 114 mahasiswa semester IV dan VI program studi pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmi Pendidikan, Universitas Mataram. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan proportional stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen sikap ilmiah dan soal tes keterampilan berpikir kreatif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa kategori untuk Sikap Ilmiah mahasiswa termasuk sedang, diperoleh rata-rata sebesar 54,95 dengan nilai tertinggi pada indikator sikap ingin tahu, begitupun dengan keterampilan berpikir kreatif temasuk kategori sedang, diperoleh rata-rata sebesar 11,16 dengan nilai tertinggi pada indikator kefasihan. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji asumsi dan uji hipotesis. Hasil penelitian uji hipotesis menggunakan nilai Pearson Product Moment menunjukan r xy = 0,30; Koefisien determinasi sebesar 9,1%; dan t hitung= 3341> t tabel = 1.585. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kreatif pada mahasiswa dengan tingkat rendah

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

CEP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Chemistry Education Practice (ISSN Cetak 2654-8119 dan ISSN Online 2656-3940) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Guru Pelatihan dan Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini merupakan jurnal open access. Jurnal Chemistry Education ...