Studi ini membahas serta mengidentifikasi suatu kelemahan dan kekuatan (lingkungan internal) serta ancaman dan peluang (lingkungan eksternal) hingga merumuskan strategi pemasaran produk kue tradisional menggunakan teknik analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threats) pada Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Bengkulu. Metode penelitian yang dipakai peneliti adalah deskriptif dengan menggunakan teknik pengambilan data melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menggunakan alat analisis SWOT, untuk dapat menggunakan alternative strategi-strategi sebagai berikut, Strategi SO: mempromosikan produk, pengembangan cita rasa yang unik, pengembangan skala usaha. Strategi ST: mempertahankan Kualitas produk, produksi berkelanjutan, pengoptimalan sistem manajemen. Strategi WO: berkerjasama dengan pihak ketiga, meningkatkan teknologi dan media promosi, pemanfaatan SDM secara maksimal. Strategi WT: menjaga kepercayaan konsumen, pengembangan produk, memiliki rencana untuk mencapai tujuan.
Copyrights © 2022