Model pembelajaran membaca yang konvensional dengan mengadopsi format latihan dalam bentuk multiple-choice dan peran pengajar yang tidak fleksibel dengan hanya menentukan dan memberikan jawaban benar atau salah tidak mampu menciptakan lingkungan yang kondusif. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka perlu adanya terobosan dengan model pembelajaran yang inovatif yang berguna secara luas dan bermanfaat bagi perbaikan praktek pengajaran membaca di kelas dan dapat memberikan siswa sebuah ruang dialog yang tidak hanya bertujuan untuk memahami teks bacaan, tetapi juga bertujuan untuk berpikir kritis terhadap teks yang mereka baca dengan melakukan dialog. Salah satunya yaitu melalui model pembelajaran kooperatif berbasis literature circle untuk meningkatkan kemampuan dalam membaca. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan model pembelajaran kooperatif berbasis literature circle pada Mata Kuliah Reading; 2) Menguji bagaimana mahasiswa menggunakan literature circle dalam proses belajar mengajar di kelas; dan 3) Mengevaluasi bagaimana respon mahasiswa terhadap kegiatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian etnografi kelas yang bertujuan untuk melihat secara natural terhadap fenomena yang terjadi dalam kegiatan akademik dalam proses belajar mengajar menggunakan literature circle di ruangan kelas. Hasil dari penelitian ini menunjukan ada tiga tema penting yang dihasilkan yaitu: Proses navigasi dan penyeleksian materi bacaan, penetapan peran melalui proses negosiasi yang difasilitasi oleh dosen, dan kegiatan pemaknaan pada teks bacaan secara kolaboratif.
Copyrights © 2021