Keterbukaan informasi publik atau transparansi terhadap informasi publik menjadi suatu keharusan bagi setiap badan publik. Masyarakat memiliki hak untuk mendapatkan akses publik terhadap informasi-informasi publik sesuai yang diatur dalam undang-undang. Sejak tahun 2011, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjadi salah satu badan publik yang telah menyelenggarakan pelayanan kebijakan ini, dengan tujuan untuk menjamin hak warga negara untuk mengakses terhadap informasi/kebijakan suatu badan publik, sehingga berkontribusi dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dimana pengumpulan data dilakukan dengan serangkaian instrumen penelitian yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji dan menganalisis mengenai Keterbukaan Informasi dan Dokumentasi Publik di Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Jakarta Timur. Pelayanan ini dapat dikatakan belum berjalan secara maksimal karena adanya beberapa sasaran-sasaran yang belum tercapai, namun Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi BNPB berusaha untuk melakukan evaluasi dan membuat rancangan strategi-strategi sebagai solusi agar kendala-kendala yang menghambat penyelenggaraan pelayanan keterbukaan informasi publik dapat diminimalisir, bahkan dihindarkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021