Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap prestasi belajar Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan angkatan LIV Program Studi Manajemen Pemasyarakatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh antar variabel bebas dan variabel terikat. Sampel yang digunakan berjumlah 77 orang Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan Angkatan LIV Program Studi Manajemen Pemasyarakatan. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dan menggunakan instrumen pengumpulan data melalui kuesioner. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari dukungan sosial terhadap prestasi belajar Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan Angkatan LIV Program Studi Manajemen Pemasyarakatan. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa hipotesis menunjukkan bahwa dukungan sosial mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar taruna diperoleh nilai t..hitung (3.258) > (1.992) maka H0 ditolak dan Ha diterima, maka pengaruh antara variabel dukungan sosial (X) terhadap prestasi belajar (Y) adalah bersifat positif.
Copyrights © 2022