NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 9, No 1 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE DAN HEDONIC CONSUMPTION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA TOKOPEDIA

Lailla Nur Qammaidha (Manajemen, Fakulats Ekonomi dan Bisnis, Univeristas Pembangunan Nasional “Veteran” Jatim)
Sugeng Purwanto (Manajemen, Fakulats Ekonomi dan Bisnis, Univeristas Pembangunan Nasional “Veteran” Jatim)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Shopping Lifestyle, Hedonic Consumption terhadap Impulse Buying.  Penelitian ini dilakukan pada e-commerce Tokopedia. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 75 responden, dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan sampel yaitu konsumen yang pernah membeli atau melakukan transaksi dan juga memiliki aplikasi pada Tokopedia. Teknik analisis yang digunakan yaitu menggunakanaplikasi Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahawa: 1) Shopping Lifestyle berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying. Hal ini berarti semakin tinggi Shopping Lifestyle maka akan semakin tinggi Impulse Buying pada Tokopedia. 2) Hedonic Consumption berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying. Hal ini berarti semakin tinggi hedonic consumption maka akan semakin tinggi Impulse Buying pada Tokopedia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...