NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 8, No 7 (2021): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

STRATEGI PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL PADA KLINIK RUMAH UNGU KARAWANG

Tiara Mauliana (Progam Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang,)
Yanti Tayo (Progam Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang,)
Rastri Kusumaningrum (Progam Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang,)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2021

Abstract

Komunikasi pemasaran merupakan elemen penting dalam pemasaran produk dan jasa. Pemasar saat ini juga memanfaatkan media baru seperti Internet untuk melayani pelanggan potensial. Pemasaran digital ialah pemasaran yang memperuntukkan internet dan teknologi informasi untuk memperluas dan meningkatkan kemampuan pemasaran tradisional. Media sosial dengan segala manfaatnya sangat beruntuk untuk komunikasi pemasaran, termasuk Instagram. Ketika melaksanakan komunikasi pemasaran, perusahaan harus mengembangkan strategi untuk mencapai setiap rencana yang diberikan. Strategi yang baik menguntungkan perusahaan dalam mencapai tujuannya. Penelitian ini mendeskripsikan strategi penguntukan Instagram sebagai media komunikasi digital marketing di Klinik Ungu House Karawang. Metode yang diuntukkan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Selain itu, penelitian ini juga memperuntukkan wawancara mendalam dengan narasumber, studi kepustakaan dan  dokumentasi. Berdasar pada hasil penelitian, perencanaan Klinik Rumah Ungu untuk memperuntukkan Instagram ialah dalam analisis masalah, analisis khalayak, penetapan tujuan, pemilihan media dan saluran komunikasi, dan pengembangan rencana ataupun kegiatan yang ingin dicapai. Hasil pelaksanaan Klinik Rumah Ungu memperuntukkan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital memperuntukkan fitur foto dan video, komentar, caption, lokasi, tagar/hashtag, tagging, dan instagram ads. Untuk kegiatan persetujuan media sosial, hal ini dilaksanakan melalui dukungan dari selebgram ataupun influencer untuk meningkatkan jumlah pengikut dan suka. Social media activation, dilaksanakan melalui penciptaan aktivitas online yang unik dan bermaksud untuk menciptakan efek word of mouth (WoM). Contoh dari jenis kegiatan ini ialah giveaway. Evaluasi penguntukan Instagram ialah hasil dari peningkatan kunjungan dan penjualan, dan kami sudah meluncurkan beberapa layanan fasilitas lagi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...