Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH)
CIASTECH 2021 "Kesiapan Indonesia Dalam Menghadapi Krisis Energi Global"

SIMULASI KERENGGANGAN CELAH SPARK PLUG SEBAGAI PARAMETER HEAT RANGE TERHADAP WARNA PERCIKAN NYALA API

Dedi Usman Effendy (Program Studi S1 Teknik Elektro, Universitas Widyagama Malang, Kota Malang)
Gatot Soebiyakto (Program Studi D3 Mesin Otomotif, Universitas Widyagama Malang, Kota Malang)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2021

Abstract

Perkembangan IPTEK dari waktu kewaktu mengalami kemajuan pesat terutama teknologi di bidang otomotif. Proses pembakaran sangat berpengaruh terhadap performa engine, Banyak sekali penyebabnya antara lain pengapian spark plug. Percikan api memiliki karakteristik dari celah busi, warna api, voltage dan temperatur yang dihasilkan untuk mencapai proses pembakaran mendekati stoichiometry agar pembakaran sempurna. Usaha dilakukan untuk menciptakan performa mesin yang tinggi dan hemat bahan bakar. Pengapian dalam penelitian menggunakan pengapian CDI yang memiliki karakterikstik lebih baik dibandingkan konvensional. Sistem pengapian ini memanfaatkan sumber listrik dari kumparan coil  untuk meningkatkan tegangan dari 12 volt menjadi 15.000-30.000 volt. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui karakteristik spark plug dari percikan api yaitu warna nyala api yang dihasilkan sebagai pemicu utama proses pembakaran motor bensin. Secara konsepsional mengetahui berbagai jenis tipe yaitu hot plug dan cold plug yang di jual dipasaran. Metode yang akan dilaksanakan dalam penelitiannya itu mengkaji lebih dalam performa spark plug dengan merubah celah busi, mengukur tegangan coil sehingga didapatkan data warna nyala percikan api dan temperatur. Hasil penelitian menunjukkan tegangan dan arus listrik menjadi satu kesatuan yang dihasilkan dari kumparan coil ignition dalam menghasilkan energy pembakaran dan warna percikan bunga api seiring dengan meningkatnya temperatur.

Copyrights © 2021