Perkembangan IPTEK dari waktu kewaktu mengalami kemajuan pesat terutama teknologi di bidang otomotif. Proses pembakaran sangat berpengaruh terhadap performa engine, Banyak sekali penyebabnya antara lain pengapian spark plug. Percikan api memiliki karakteristik dari celah busi, warna api, voltage dan temperatur yang dihasilkan untuk mencapai proses pembakaran mendekati stoichiometry agar pembakaran sempurna. Usaha dilakukan untuk menciptakan performa mesin yang tinggi dan hemat bahan bakar. Pengapian dalam penelitian menggunakan pengapian CDI yang memiliki karakterikstik lebih baik dibandingkan konvensional. Sistem pengapian ini memanfaatkan sumber listrik dari kumparan coil untuk meningkatkan tegangan dari 12 volt menjadi 15.000-30.000 volt. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui karakteristik spark plug dari percikan api yaitu warna nyala api yang dihasilkan sebagai pemicu utama proses pembakaran motor bensin. Secara konsepsional mengetahui berbagai jenis tipe yaitu hot plug dan cold plug yang di jual dipasaran. Metode yang akan dilaksanakan dalam penelitiannya itu mengkaji lebih dalam performa spark plug dengan merubah celah busi, mengukur tegangan coil sehingga didapatkan data warna nyala percikan api dan temperatur. Hasil penelitian menunjukkan tegangan dan arus listrik menjadi satu kesatuan yang dihasilkan dari kumparan coil ignition dalam menghasilkan energy pembakaran dan warna percikan bunga api seiring dengan meningkatnya temperatur.
Copyrights © 2021