Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH)
CIASTECH 2021 "Kesiapan Indonesia Dalam Menghadapi Krisis Energi Global"

DESAIN SERIOUS GAME PENDIDIKAN ISLAM DAN LINGKUNGAN HIDUP UNTUK MADRASAH IBTIDAIYAH

Fresy Nugroho (Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Maulana Malik Ibrahim)
Puspa Miladin Nuraida Safitri A. Basid (Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Maulana Malik Ibrahim)
Dian Eka Aprilia Fitria Ningrum (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, FITK, UIN Maulana Malik Ibrahim)
Dodik Arwin Dermawan (Manajemen Informatika Program Vokasi, Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2021

Abstract

Gagasan menumbuhkembangkan kecintaan pada lingkungan hidup di dunia pendidikan islam, telah di prakarsai Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Bone dengan mengintegrasikan dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam. Namun selama pandemi, proses belajar mengajar lebih banyak menggunakan e-learning. Juga bahwa proses belajar secara daring, menimbulkan kebosanan. Sebagai alternatif, agar proses belajar bersifat menyenangkan, antara lain adalah dengan belajar melalui game. Dalam konteks belajar dan berlatih, di gunakan serious game berdasarkan model teori aktivitas. Sisi edukasi dalam serious game, menerapkan taksonomi Bloom. Elemen penyusun game, secara garis besar adalah  lingkungan  bermain,  misi, skor,  alur cerita  dan  Pemeran Bukan Pemain(PBP). PBP didesain sebagai sahabat  yang harus dibangkitkan rasa kecintaan terhadap lingkungan hidup oleh siswa.  Metode Kecerdasan Buatan(KB) difungsikan guna proses pembentukan kelakuan PBP. Serious  Game  Pendidikan Islam dan Lingkungan Hidup (SGPILH), diajukan peneliti, untuk menjembatani proses belajar mengajar pada siswa yg menyenangkan. 

Copyrights © 2021