Gagasan menumbuhkembangkan kecintaan pada lingkungan hidup di dunia pendidikan islam, telah di prakarsai Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Bone dengan mengintegrasikan dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam. Namun selama pandemi, proses belajar mengajar lebih banyak menggunakan e-learning. Juga bahwa proses belajar secara daring, menimbulkan kebosanan. Sebagai alternatif, agar proses belajar bersifat menyenangkan, antara lain adalah dengan belajar melalui game. Dalam konteks belajar dan berlatih, di gunakan serious game berdasarkan model teori aktivitas. Sisi edukasi dalam serious game, menerapkan taksonomi Bloom. Elemen penyusun game, secara garis besar adalah lingkungan bermain, misi, skor, alur cerita dan Pemeran Bukan Pemain(PBP). PBP didesain sebagai sahabat yang harus dibangkitkan rasa kecintaan terhadap lingkungan hidup oleh siswa. Metode Kecerdasan Buatan(KB) difungsikan guna proses pembentukan kelakuan PBP. Serious Game Pendidikan Islam dan Lingkungan Hidup (SGPILH), diajukan peneliti, untuk menjembatani proses belajar mengajar pada siswa yg menyenangkan.
Copyrights © 2021