Jurnal Serunai Bahasa Inggris
Vol 13, No 2 (2021): JURNAL SERUNAI BAHASA INGGRIS ( OKTOBER 2021)

THE EFFECT OF USING PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) STRATEGY ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN RECOUNT TEXT OF THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMA SWASTA MELATI BINJAI

Nudia Yultisa (STKIP Budidaya)
Dwita Ariani (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan desain penelitian eksperimental yang mencari pengaruh strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap pemahaman siswa dalam membaca teks recount. Sebanyak 60 siswa kelas X SMA Swasta Melati Binjai diambil sebagai subjek penelitian. Selain instrumen tes membaca yang dianalisis valid dengan melihat bahwa koefisien thitung (3,224) lebih besar dari koefisien ttabel (1,70113) dan juga dianalisis reliabel dengan melihat bahwa koefisien reliabilitas (0,682) lebih besar dari pada koefisien rtabel (0,3061); hal ini juga menunjukkan bahwa varians data antara kedua kelompok homogen dengan melihat bahwa koefisien Fhitung (1,138) lebih kecil dari koefisien yang sesuai pada Ftabel (2,55) serta melalui analisis uji-t koefisiennya tinggi dan signifikan dengan melihat bahwa koefisien thitung (2,555) lebih besar dari koefisien ttabel (1,70113). Artinya, ada pengaruh penggunaan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap pemahaman bacaan siswa pada teks recount. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal Serunai Bahasa Inggris (JSBI)merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala dua kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari dan Agustus. penerbitan journal ini sebagai sarana untuk menampung artikel-artikel ilmiah yang berasal dari hasil penelitian, kajian-kajian ini atau makalah ...