Penelitian ini berkaitan dengan desain penelitian eksperimental yang mencari pengaruh strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap pemahaman siswa dalam membaca teks recount. Sebanyak 60 siswa kelas X SMA Swasta Melati Binjai diambil sebagai subjek penelitian. Selain instrumen tes membaca yang dianalisis valid dengan melihat bahwa koefisien thitung (3,224) lebih besar dari koefisien ttabel (1,70113) dan juga dianalisis reliabel dengan melihat bahwa koefisien reliabilitas (0,682) lebih besar dari pada koefisien rtabel (0,3061); hal ini juga menunjukkan bahwa varians data antara kedua kelompok homogen dengan melihat bahwa koefisien Fhitung (1,138) lebih kecil dari koefisien yang sesuai pada Ftabel (2,55) serta melalui analisis uji-t koefisiennya tinggi dan signifikan dengan melihat bahwa koefisien thitung (2,555) lebih besar dari koefisien ttabel (1,70113). Artinya, ada pengaruh penggunaan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap pemahaman bacaan siswa pada teks recount. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022