Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 7, No 2 (2021): SERUNAI : JURNAL ILMIAH DAN ILMU PENDIDIKAN

THE EFFECT OF USING FREEWRITING TECHNIQUE ON STUDENTS’ ANALYTICAL EXPOSITION TEXT WRITING ABILITY OF ELEVENTH GRADE STUDENTS OF SMA SWASTA HARAPAN BANGSA KUALA

Alma Youlanda Br Sitepu (STKIP Budidaya Binjai)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimental yang mencari pengaruh penggunaan teknik freewriting terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi analitik. Permasalahan yang berhasil diidentifikasi penulis di antaranya adalah siswa masih kekurangan kosakata dan belum dapat mengungkapkan gagasannya dalam bentuk tulisan dengan baik terutama pada teks eksposisi analitik. Apalagi, nilai menulis mereka masih rendah. Selain itu, mereka tidak fokus dan jenuh saat menulis eksposisi analitik. Terakhir, teknik mengajar yang digunakan guru masih kurang menyenangkan bagi siswa. Subjek penelitian diambil 76 siswa di kelas XI SMA Swasta Harapan Bangsa Kuala yakni sebanyak 38 siswa di kelas XI MIPA-A sebagai kelas eksperimental dan juga 38 siswa di kelas XI MIPA-B sebagai kelas kontrol. Tes menulis berupa lima macam judul yang terdiri dari beberapa topik fenomenal digunakan untuk memperoleh data tentang variabel tersebut. Penulis meminta siswa memilih hanya satu judul yang diberikan. Mereka menulis eksposisi analitis yang terdiri dari sekitar 100 kata selama sekitar 45 menit. Data akhir kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis uji-t bahwa koefisiennya tinggi dan signifikan dengan melihat koefisien thitung (2,956) lebih besar dari koefisien ttabel (1,68830). Artinya ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan teknik freewriting terhadap kemampuan menulis teks eksposisi analitik siswa kelas XI SMA Swasta Harapan Bangsa Kuala. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal serunai Administrasi Pendidikan merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala 6 Bulan sekali sebagai sarana publikasi bagi Dosen-dosen prodi Administrasi ...