LUGAS Jurnal Komunikasi
Vol 5, No 2: Desember 2021

Menyelami Makna Kekuatan Foto Jurnalistik Jenazah COVID-19 Karya Joshua Irwandi

Irmawati Oktavianingtyas (Universitas Sahid Jakarta)
Hilda Yunita Wono (Universitas Ciputra Surabaya)
Hadassah Elisha Karsten (Universitas Ciputra Surabaya)
Agung Prasetyo (Universitas Ciputra Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Foto jurnalistik fenomenal karya fotografer Joshua irwandi yang di ambil untuk National Geographic merupakan foto yang berhasil menarik simpati ribuan orang dari berbagai belahan dunia. Berbagai media massa online serta individu pengguna media sosial memiliki tafsir yang beraneka ragam mengenai foto tersebut. Foto jurnalistik ini menjadi masalah yang laik untuk diteliti karena muncul berbagai pro dan kontra dari berbagai sisi. Semiotika model Barthes memungkinkan kajian yang mampu menjangkau wilayah kebudayaan lain yang terkait dengan popular culture dan media massa juga dalam foto jurnalistik ini. Hasil dari analisis semiotika yang pertama adalah cara pengambilan gambar dalam penelitian ini dapat berfungsi sebagai penanda. Selanjutnya kesan pertama yang muncul saat melihat foto tersebut adalah jenazah layaknya mumi. Yang terakhir adalah atmosphere yang muncul dari gambar tersebut adalah sepi dan sendiri.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lugas

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

LUGAS Jurnal Komunikasi is focused on publishing the original research articles, review and case studies from academicians and researches. The main issues related to communication and media, which includes Mass Communication, Marketing Communication, Public Relation Strategy, Media Relation ...