PEDAGOGIKA
Vol 13 No 1 (2022): APRIL

Pengaruh Penggunaan Aplikasi Raport Digital Terhadap Kinerja Guru

Ibrahim Ibrahim (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Rinda Rahwani (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang Sumatera Selatan)
Kemas Badaruddin (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang Sumatera Selatan)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2022

Abstract

Aplikasi Raport Digital (ARD) merupakan sistem aplikasi berbasis web yang diharapkan bisa mempermudah guru dalam melakukan penilaian kepada peserta didik bahkan sampai ke cetak raport dan evaluasi nilai hasil belajar peserta didik. Perkembangan ini merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas mutu pendidikan. Kinerja guru merupakan salah satu kunci agar sekolah semakin berkembang dan produktif. Kinerja guru dipengaruhi berbagai faktor dan pendukung diantaranya rapor online sebagai aplikasi pengolahan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan Aplikasi Raport Digital dengan kinerja guru serta seberapa besar hubungan Aplikasi Raport Digital terhadap kinerja guru di UPT SMA Negeri 2 Penukal Abab Lematang Ilir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan metode sampel jenuh yaitu 62 sampel. Pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan uji-t dengan bantuan SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Penggunaan Aplikasi Raport Digital terhadap Kinerja Guru di UPT SMA Negeri 2 Penukal Abab Lematang Ilir. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis, dimana nilai thitung lebih dari nilai ttabel. Nilai korelasi antara X dan Y dijelaskan oleh Variabel X dan sekitar 30,8%, dimana variabel independen (Penggunaan ARD) memiliki pengaruh terhadap variabel dependen (kinerja guru) sebesar 30,8%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The PEDAGOGIKA with registered number ISSN p-2086-4469, ISSN e-2716-0580 is a collection of educational scientific articles, especially in the fields of educational sciences such as Educational Management, Guidance and Counseling, Primary/Elementary and Teacher Education, Early Childhood and Teacher ...