JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
Vol 3, No 1 (2017)

PENGARUH MODEL KOOPERATIF JIGSAW DENGAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

novitasari novitasari (Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Tulungagung)
Ratri Candra Hastari (Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Tulungagung)
yuniek fauzanin (Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Tulungagung)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model kooperatif tipe jigsaw dengan penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pokok segitiga dan segiempat siswa kelas VII SMP Negeri 5 Trenggalek tahun pelajaran 2016/2017. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diukur menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang terdiri dari 5 soal uraian dengan koefisien reliabilitas 0,641.Rancangan penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post-test Only Control Design dengan teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, diperoleh thitung = 4,863 ttabel = 1,66827 (pada taraf signifikan 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Penemuan Terbimbing (Guied Discovery) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pokok segitiga dan segiempat siswa kelas VII SMP Negeri 5 Trenggalek tahun pelajaran 2016/2017.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jp2m

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JP2M is stands for Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. JP2M is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Mathematics Education Department of STKIP PGRI Tulungagung. JP2M disseminates new research results in all areas of mathematics, mathematics ...