Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani
Vol. 6 No. 2 (2018): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani

THE EFFECTIVENESS OF TEACHING ENGLISH VOCABULARY USING FLASHCARD FOR II SEMESTER STUDENTS AT GUNUNG RINJANI UNIVERSITY

RASYID RIDHO HAMIDY (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2020

Abstract

Kosakata sebagai elemen atau komponen bahasa Inggris sangat penting untuk dipelajaridengan baik, karena ini adalah gerbang dan dasar untuk memahami frasa dan kalimat dalambahasa Inggris. Dalam penelitian ini, penulis tertarik dengan flashcard sebagai salah satu mediadalam pengajaran bahasa Inggris khususnya kosakata. Penelitian ini difokuskan untuk mencaritahu tentang penggunaan flashcard sebagai media pengajaran kosa kata bahasa Inggriskepada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatifdeskriptif. Data yang dianalisis adalah data deskriptif berupa kata-kata tertulis yangmembutuhkan interpretasi karena penelitian ini membahas efektifitas pengajaran kosa katabahasa Inggris menggunakan Flashcard. Dalam pengambilan sampel, penulis mengambilbeberapa tanggapan dari para siswa. Dari tanggapan, ia mengidentifikasi danmengklasifikasikan masing-masing sesuai dengan fungsi media pembelajaran visual yangmencerminkan. Berdasarkan klasifikasi ini dia membuat analisis. Hasil dari penelitian inimenunjukkan bahwa media pembelajaran visual merupakan alat yang sangat berguna dalamproses belajar mengajar, karena menggunakan media pembelajaran merangsang aktivitassiswa dan mampu memahami subjek yang diajarkan dalam komunikasi yang lebih efektif danefisien. Menyelesaikan studi, penulis menyarankan guru harus meningkatkan makna mengajardan menawarkan kesempatan untuk mengenal dan mencoba strategi yang berbeda di sekolahsehingga setiap siswa dapat menemukan strategi terbaik untuk mereka.Kata kunci: Mengajar, Kosakata, Flashcard.Vocabulary as an English element or component is very important to be learned well, because itis the gate and basis to understand phrases and sentences in English. In this study, the writer isinterested in flashcard as one of the media in teaching English especially vocabulary. This studyis focused on finding out about the use of flashcard as a medium of teaching English vocabularyto students. The method which is applied in this research is a descriptive qualitative approach.The data being analyzed are descriptive data in form of written words which need interpretationbecause this study deals with the effectiveness of teaching English vocabulary using Flashcard.In taking the sample, the writer takes several responses from the students. From the responses,he identified and classified each of them according to the function of visual learning media thatreflect. Based on this classification he made the analysis. The result of this study shows that thevisual learning media was a very useful tool in the teaching and learning process, because ofusing learning media stimulated student activity and able to understand the subject being taughtin a more effective and efficient communication. Completing the study, the writer suggeststeachers should enhance the meaning of teaching and offer the opportunity to get to know andtry out the different strategies in school so that each student can find the best strategies forthem.Key words: Teaching, Vocabulary, Flashcard.

Copyrights © 2020