Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani
Vol. 7 No. 1 (2019): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PENINGKATAN MOTIVASI, PARTISIPASI BELAJAR SISWA SERTA KREATIVITAS DI SMA NEGERI 1 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

LUKMAN (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2020

Abstract

Motivasi belajar siswa merupakan factor yang sangat menentukan keberhasilan prestasi siswadalam belajar. Salah satu factor yang dpat meningkatkan motivasi belajar adalah penggunaanmodel belajar yang bervariatif dan relevan dengan pokok bahasan atau materi yang dipelajari.Untuk itulah sangat dituntut kemampuan guru dalam menggunakan berbagai modelpembelajaran. Melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang bertujuan untuk meningkatkanmotivasi dan partisifasi belajar siswa untuk meningkatkan prestasi dan kreativitas belajar siswadengan penggunaan model pembelajaran cooperative learning. Hasil penelitian menunjukkanbahwa proses pembelajaran dengan cooperative learning dapat meningkatkan motovasi danpartisifasi belajar sehingga dapat merubah paradigm belajar dari teacher centered ke studentcentered. Secara tidak langsung metode ini berhasil juga meningkatkan hasil atau prestasibelajar serta kreativitas siswa dalam belajar.Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Motivasi, Partisipasi Belajar Siswa Serta KreativitasStudent learning is the motivation factor that largely determine the success of studentachievement in learning. One factor that can increase the motivation of learning is the use oflearning models in price and relevant to the subject matter or the material studied. For that's veryrequired the ability of teachers in using various models of learning. Through class actionResearch (PTK), which aims to increase motivation and learning partisifasi students to increaseachievement and creativity learning of students with the use of cooperative learning model oflearning. The results showed that the learning process with cooperative learning can increasemotivation and learning so that partisifasi can change the paradigm learning from teachercentered to student centered. Indirectly, this method worked also improve results orachievements of learning as well as the creativity of students in learning.Key Words: Cooperative Learning, Motivation, Participation In Student Learning And Creativity

Copyrights © 2020