Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani
Vol. 7 No. 1 (2019): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani

MENINGKATKAN PENGUASAAN INFORMASI PILIHAN KARIR SISWA KELAS XII IPA 1 SMA NEGERI 1 SUELA MELALUI PEMBERIAN BIMBINGAN KELOMPOK DAN PENGGUNAAN MEDIA PADA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MOH. SALEH (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2020

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaaninformasi pilihan karir siswa kelas XII IPA1 SMA Negeri 1 Suela melalui pemberianbimbingan kelompok dan penggunaan Media pada tahun pelajaran 2017/2018.Penelitian ini bertempat di SMA Negeri 1 Suela selama 3 bulan yakni selama bulanFebruari –April. Subyek Penelitian ini adalah siswa kelas XII. Desain penelitian inidilakukan dengan Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam duasiklus yaitu siklus I dan siklus II. Instrument dan Teknik pengukuran yang dilakukanadalah observasi dan angket. Analisis yang digunakan untuk menganalisispelaksanaan satuan-satuan layanan dan pendukung-pendukung layanan BK. Datayang diperoleh melalui daftar cek dideskripsikan dengan statistik deskripsi. Dapatdisimpulkan bahwa tingkat penguasaan informasi pilihan karier 18 orang kategoriTinggi (45%), 10 orang yang kategori Sedang (25 %), dan 12 orang kategori rendah(30 %).Kata kunci: penguasaan informasi, pilihan karir, bimbingan kelompok, mediaThe purpose of this research is to improve the mastery of information on careerchoices of students of class XII IPA1 in SMA 1 Suela through the provision of groupguidance and media use in the 2017/2018 school year. This research took place atSuela 1 Public High School for 3 months, during February - April. The subjects of thisstudy were class XII students. The design of this study was conducted by ClassroomAction Research with stages of planning, implementation, observation, and reflection.This action research was carried out in two cycles, namely cycle I and cycle II.Instrument and measurement techniques performed are observation andquestionnaire. The analysis is used to analyze the implementation of service units andsupporters of BK services. Data obtained through checklists are described bydescription statistics. It can be concluded that the level of mastery of career choiceinformation is 18 people in the High category (45%), 10 people in the Mediumcategory (25%), and 12 people in the low category (30%).Keywords: mastery of information, career choice, group guidance, media

Copyrights © 2020