JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Gambaran Penggunaan Media Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI SMA N 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan

Santri, Riska Risna (Unknown)
Jaenam, Jaenam (Unknown)
Meldawati, Meldawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang efektifnya proses pembelajaran dengan menggunakan satu media saja yaitu media Lembar Kerja Siswa (LKS), atas dasar tersebut penelitian ini difokuskan dan bertujuan untuk mendeskripsikan Gambaran penggunaan media LKS dalam  pembelajaran sejarah kelas XI SMA N 1 Linggo Sari Baganti dan mengetahui dampak positif dan negatif dari penggunaan media LKS. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan lokasi penelitian di SMA N 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Gambaran penggunaan media  Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam pembelajaran Sejarah kelas XI di SMA N 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan tergolong kurang efektif, hal ini menyebabkan karena pada umumnya guru sejarah hanya menggunakan satu media yaitu media Lembar Kerja Siswa (LKS), cara penggunaanya di awal pembelajaran berlangsung, serta berbagai macam dampak positif dan negatif dari penggunaan media LKS, salah satunya dampak positif dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajran, serta materi yang ada di dalam LKS sudah terangkum, dampak Negatifnya adalah peserta didik belajar terbatas hanya pada LKS yang sudah ada, kurang tentang menggali informasi dari sumber lain, berdasarkan hasil penelitian adalah, dapat ditarik kesimpulan SMA N 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan, guru sejarah hanya menggunakan satu media saja yaitu media Lembar Kerja Siswa (LKS), karena keterbatasan waktu untuk menyampaikan beberapa media lainnya di dalam kelas, padahal media pembelajaran yang ada di SMA N 1 Linggo Sari Baganti ada berbagai macam media mulai dari media power point, media peta, media audio visual

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...