JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Hubungan Motivasi Belajar terhadap Minat dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik di SMP Negeri 19 Padang

Wulandari, Suci (Unknown)
Sulaiman, Sulaiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan motivasi belajar terhadap minat dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMP Negeri 19 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX di SMP Negeri 19 Padang. Untuk Sampel penelitian sebanyak 20% dari populasinya yaitu 31 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuisioner) dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dengan bantuan program SPSS versi 26. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi Product Moment. Untuk hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak adanya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 19 Padang. Hasil penelitian menunjukkan r-hitung 0,210<0,355 r-tabel. Sehingga untuk hubungan motivasi belajar terhadap minat yaitu (Ha) ditolak dan (Ho) diterima, sedangkan untuk hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar menunjukkan r-hitung 0,149<0,355 r-tabel. Sehingga untuk hubungan motivasi belajar terhadap minat yaitu (Ha) ditolak dan (Ho) diterima. Untuk melihat hubungan motivasi belajar terhadap minat dan hasil belajar peserta didik dilakukan uji manova sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap minat dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMP Negeri 19 Padang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...