JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Implementasi Nilai Pancasila Sila Keempat pada Anak Siswa Sekolah Dasar

Syafitri, Mutia Ade (Unknown)
Dewi, Dinie Anggraeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Pancasila merupakan suatu pedoman serta rumusan kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh masyarakat Indonesia. Nama Pancasila sendiri diambil dari Bahasa Sansekerta yaitu kata Panca yang artinya lima dan kata Sila yang berarti prinsip atau asas. Sebagai pandangan hidup bangsa, Pancasila merupakan sebuah kristalisasi nilai-nilai yang kebenarannya diakui,dan menimbulkan tekad untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, saat ini penerapan atau implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari telah mengalami degradasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu studi literatur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat, fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan secara umum bahwa Implementasi sila keempat berlandaskan Pancasila pada anak siswa sekolah dasar wajib diterapkan agar generasi penerus bangsa yang akan datang mengerti pentingnya nilai-nilai pancasila.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...