JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Eksistensi Rumah Menteri Kerajaan Indragiri Sebagai Cagar Budaya

Srikandi, Dwi Yulia (Unknown)
Ibrahim, Bedriati (Unknown)
Asril, Asril (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2021

Abstract

Eksistensi diartikan sebagai keberadaan. Dimana keberadaan yang di maksud adalah adanya pengaruh atas ada atau  tidak adanya kita. Eksistensi ini perlu “diberikan” orang lain kepada kita, karena dengan adanya respon dari orang di sekililing kita ini membuktikan bahwa keberadaan kita di akui. Masalah keperluan akan nilai eksistensi ini sangat penting, karena ini merupakan pembuktian akan hasil kerja atau performa didalam suatu lingkungan. Penelitian ini membahas tentang (1) Proses Rumah Menteri  Kerajaan Indragiri sebagai Cagar Budaya; (2) Upaya yang dilakukan Pemerintah dalam Pengelolaan Rumah Menteri Kerajaan Indragiri sebagai Cagar Budaya; (3) Eksistensi Rumah Menteri Kerajaan Indragiri sebagai Cagar Budaya. Jenis penelitian  ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yakni mendeskrisikan jawaban melalui observasi,wawancara dari informan dan dokumentasi serta studi pustaka. Pengumpulan sumber diperoleh dari Perpustakaan Daerah Kabupaten Indragiri Hulu, Perpustakaan Prof.Suwardi, Perpustakaan Wilayah Soeman H.S Pekanbaru. Serta melakukan wawancara kepada keluarga sebagai ahli waris, para pemerhati sejarah Kabupaten Indragiri Hulu, Dinas-dinas terkait dan Masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu khususnya di sekitaran bangunan Cagar Budaya tersebut. Hasil penelitia menunjukan bahwa Rumah Menteri Kelautan Kerajaan Indragiri masih banyak yang berkunjung bukan hanya masyarakat lokal sekitar tetapi wisatawan nasional bahkan internasional seperti Malaysia, walaupun mengalami pasang surut.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...