Berdasarkan pembelajaran yang dilakukan di kelas V.b SDN 18 Pasaman ditemukan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA sangat rendah. Rendahnya hasil belajar siswa ditandai dengan hasil ujian semester I Tahun Ajaran 2019/2020, hanya 48% siswa yang tuntas. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model Problem Based Learning di Kelas V.b SDN 18 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif yang terdiri dari empat komponen yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi Subjek dari penelitian ini adalah siswa Kelas V.b SDN 18 Pasaman, yang berjumlah 20 orang. Berdasarkan hasil analisis lembar observasi guru dan siswa selama proses muatan IPA diperoleh hasil pada siklus I dengan rata-rata 64,37 meningkat pada siklus II dengan rata-rata 82,50 Sedangkan persentase siswa yang mencapai KKM 75 pada ranah kognitif siklus I dengan rata-rata 50% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPA.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021