JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita

FA, Afrina Andriana (Unknown)
Ogemi, Penia Lisa (Unknown)
Suryana, Dadan (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan yang dimiliki anak dalam berbahasa dengan menggunakan metode bercerita. Penelitian ini berawal dari banyaknya anak yang masih belum bisa berbahasa dengan baik dan benar. Karena belum efektifnya cara yang digunakan dalam pembelajaran bahasa pada anak, menyebabkan anak menjadi kurang tertarik dalam mengambangkan bahasa yang dimilliki. Pendidik dapat menerapkan cara yang efektif dengan pola belajar anak, karena setiap anak memiliki kebutuhan dan pola belajar efektifnya masing-masing. Pada penelitian ini menggunakan studi literatur dimana teknik pengambilan data dengan menelaah beberapa buku-buku, artikel dan jurnal. Hasil penelitian ini yaitu penggunaan cerita dalam mengembangkan bahasa pada anak, dengan metode bercerita mampu meningktkan perkembangan linguistik pada anak dan anak tidak hanya gembira saat mendengarkan namun juga mampu bercerita. Hal ini dibuktikan dengan analisis hasil-hasil penelitian yang relevan dengan metode bercerita sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan kemampuan berbahasa pada anak usia dini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...