Permasalahan yang diamati adalah keterbatasan permainan motorik halus anak dan keterbatasan pengetahuan orang tua dan guru tentang pentingnya perkembangan motorik halus pada anak usia dini. Diperlukan inovasi dan inovasi baru berbasis teknologi dalam pengadaan alat permainan edukatif untuk mendukung proses pembelajaran motorik halus anak di TK, dalam penelitian ini peneliti mengembangkan media yang disebut busy board yang dapat meningkatkan motorik halus anak usia 4- 5 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan Research and Development (RnD) pada anak usia 4-5 tahun. Instrumen penelitian berupa lembar validasi dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan kriteria validitas deskriptif. Kuesioner digunakan saat memvalidasi ahli materi, ahli media, dan pendidik. Rata-rata penilaian validator ahli materi sebesar 87,77% dengan tingkat validitas sangat valid, kemudian rata-rata penilaian ahli media sebesar 89,58% dengan tingkat validitas sangat valid, kemudian rata-rata hasil penilaian ahli guru sebesar 98,07%. dengan tingkat validitas yang sangat valid
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021