Pembelajaran ini berfokus pada pemanfaatan media TIK yang diterapkan sekolah pada guru khususnya kelas v SDN 169 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pemanfaatan media pembelajaran menggunakan TIK dalam proses pembelajaran,mengetahui dampak Positif dan Negatif pemanfaatan media pembelajaran menggunakan TIK terhadap siswa di Kelas V SDN 169 Pekanbaru, serta mengetahui kendala yang dialami guru saat menggunakan media TIK dalam proses pembelajaran. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan penguraian data secara deskriptif. Sumber data melibatkan 3 orang guru kelas, 1 orang guru maple TIK dan 1 orang kepala sekolah, dengan instrumen penelitian yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 2 teknik keabsahan data triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis data ini menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan adanya media TIK dalam proses pembelajaran pada SDN 169 Pekanbaru cukup maksimal dikernakan media pembelajaran TIK akan menjadi mudah untuk disampaikan dan menciptakan suasana belajar menjadi menyenangkan, memiliki dampak positif dan negarif terhadap guru dan siswa. Kendala yang dialami saat menggunakan media TIK dalam proses pembelajaran terdapat pada infrastruktur dan pada guru itu sendiri
Copyrights © 2021