JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS

Helmarini, Helmarini (Unknown)
Sazili, Sazili (Unknown)
Meirani, Meirani (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2022

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 07 Bengkulu Selatan, Untuk mengetahui bagaimana lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 07 Bengkulu Selatan,danUntuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar siswa dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 07 Bengkulu Selatan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 07 Bengkulu Selatan538 siswa yang berjumlah 18 kelas.Sampel yang dipilih adalah kelas VII yaitu kelas VII.A dan kelas VIIB.Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan menggunakan program SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikan kebiasaan belajar memiliki nilai rata-rata (M) sebesar 36,63 yang berada pada interval 34-41 dengan kategori “Baik”.lingkungan keluarga memiliki nilai rata-rata (M) sebesar 36,84 yang berada pada interval 34-41 dengan kategori “Baik”. Sedangkan kebisaan belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 07 Bengkulu Selatan Hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitung 15,300< dari F tabel dengan tingkat signifikan sebesar 0,000<0,05. Sedangkan hasil perhitungan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,342 yang berarti bahwa 34,2% hasil belajar mahasiswa dipengaruhi oleh variabel kebiasaan belajar dan lingkungan keluarga, sedangkan 69,8% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...