JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Pengaruh Kinerja Keuangan dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Moderasi

Dewi, Novelia Puspita (Unknown)
Sumiati, Ati (Unknown)
Fauzi, Achmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan, Good Corporate Governance, dan Nilai Perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2020. Selain itu penelitian ini juga menilai pengaruh kinerja keuangan dan ukuran perusahaan, good corporate governance, dan pengaruhnya terhadap nilai perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 193 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2020. Populasi terjangkau diperoleh dengan metode purposive sampling sebanyak 53 perusahaan. Kemudian pengambilan sampel dilakukan dengan metode Isaac and Michael dengan derajat kebebasan 5% sehingga diperoleh 48 sampel efektif dengan 96 observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi, analisis jalur, analisis koefisien korelasi ganda (R), dan koefisien determinasi (R2). Sedangkan pengujian hipotesis yang digunakan adalah metode statistik uji parsial dan uji simultan menggunakan Eviews 9. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh positif dan signifikan atas Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan. Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Good Corporate Governance mampu memoderasi hubungan Kinerja Keuangan dengan Nilai Perusahaan dengan arah hubungan negatif signifikan, sementara Good Corporate Governance belum mampu memoderasi hubungan Ukuran Perusahaan dengan Nilai Perusahaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...