Jurnal ini membahas tentang proses pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) Pelayanan Pemandu Wisata di Daya Tarik Wisata Lae Simbilulu. Penelitian ini bertujuan untuk persiapan pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) a) pelayanan Parkir, b) pelayanan Keamanan, c) Pelayanan informasi, d) Pelayanan Keamanan, e) Pelayanan Tracking, f) Pelayanan Kecelakaan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung dan mengajukan beberapa pertanyaan kepada Ketua Pokdawis, anggota Pemandu wisata dan bagian keamanan. Berdasarkan pembuatan Standard Operating Procedure (SOP), maka dapat disimpulkan bahwa pembuatan SOP harus mencantumkan mencantumkan tanggal pembuatan, revisi, dan pelaksanaannya. Prosedur yag dikembangkan oleh penulis yang penulis buat akan dibahas dan disetujui oleh pihak ahli Himpunan Pariwisata Indonesia untuk disetujui. Setelah SOP disetujui, kemudian didiskusikan kepada pemandu wisata Lae Simbilulu. Pemberdayaan kelompok sadar wisata sangat penting. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung. Ada beberapa kendala dari SOP yang dibuat oleh penulis namun, hal tersebut akan ditindaklanjuti kembali kemudian rancangan yang penulis buat telah disepakati untuk kemudian diterapkan di wisata Lae Simbilulu.Pemandu Wisata disarankan untuk menggunakan dan mengikuti standar operasional prosedur yang sesuai dengan Himpunan Pariwisata Indonesia agar pelayanan dapat dilakukan dengan baik dan sesuai yang diharapkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022