Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022

Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Watson’s Error Category dan Perbedaan Gender

Urwatil Usqo (Magister FKIP Universitas Riau)
Yenita Roza (Universitas Riau)
Maimunah Maimunah (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan dalam menyelesaikan masalah kongruen dan kesebangunan berdasarkan Watson’s Error Category pada siswa perempuan dan laki-laki. Indikator Watson’s Error Category yaitu (1) data yang tidak tepat, (2) prosedur tidak tepat, (3) data hilang, (4) kesimpulan hilang, (5) konflik level respon, (6) manipulasi tidak langsung (7) masalah hirarki keterampilan dan (8) selain ketujuh kriteria yang diatas. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Cendikia Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 6 siswa dengan kategori tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki memiliki persentasi kesalahan yang lebih tinggi dari pada siswa perempuan. Adapun penyebab terjadinya kesalahan pada siswa laki-laki adalah kurang teliti dalam mengerjakan soal, siswa kurang memahami soal yang diberikan, lupa cara untuk menyelesaikan soal, tidak mengingat rumus dan terburu-buru dalam menyelesaikan soal. Sedangkan faktor kesalahan pada siswa perempuan adalah kesalahan dalam menyelesaikan operasi hitung dan siswa tidak terbiasa dalam memberikan kesimpulan secara lengkap.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...