Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan dalam menyelesaikan masalah kongruen dan kesebangunan berdasarkan Watson’s Error Category pada siswa perempuan dan laki-laki. Indikator Watson’s Error Category yaitu (1) data yang tidak tepat, (2) prosedur tidak tepat, (3) data hilang, (4) kesimpulan hilang, (5) konflik level respon, (6) manipulasi tidak langsung (7) masalah hirarki keterampilan dan (8) selain ketujuh kriteria yang diatas. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Cendikia Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 6 siswa dengan kategori tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki memiliki persentasi kesalahan yang lebih tinggi dari pada siswa perempuan. Adapun penyebab terjadinya kesalahan pada siswa laki-laki adalah kurang teliti dalam mengerjakan soal, siswa kurang memahami soal yang diberikan, lupa cara untuk menyelesaikan soal, tidak mengingat rumus dan terburu-buru dalam menyelesaikan soal. Sedangkan faktor kesalahan pada siswa perempuan adalah kesalahan dalam menyelesaikan operasi hitung dan siswa tidak terbiasa dalam memberikan kesimpulan secara lengkap.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022