Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran jigsaw berorientasi kearifan lokal terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah pre-ekxterimental dengan menggunakan desain penelitian one group pretes-postes desain. Populasi penelitian mahasiswa pendidikan biologi UNDIKMA, dengan sampel mahasiswa semester 2 tahun ajaran 2018/2019 dan semester 4 tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 49 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data hasil belajar kognitif diperoleh melalui instrumen tes objektif. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 42,9 sedangkan nilai rata-rata postest diperoleh sebesar 66,3. Hasil analisis menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 16,81 dan ttabel sebesar 1,67 sedangkan nilai probabilitas 0,00 pada taraf signifikan 5%. Hasil tersebut menunjukkan 1) ada perbedaan hasil belajar kognitif mahasiswa setelah penerapan model pembelajaran Jigsaw berorientasi kearifan lokal, 2) ada peningkatan hasil belajar kognitif mahasiswa setelah menerapkan model pembelajaran Jigsaw berorientasi kearifan lokal.
Copyrights © 2021