Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya
Vol. 3 No. 2 (2016): Vol 3 No 2 Bulan September Tahun 2016

QUALITATIVE AND QUANTITATIVE APPROACHES TO ACTION RESEARCH

Kusumarasdyati Kusumarasdyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2016

Abstract

Action research atau penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan upaya para pendidik yang reflektif untuk meningkatkan kualitas pengajarannya sehingga hasil pembelajaran siswa juga semakin baik. Pada awal perkembangannya di Amerika Serikat di awal abad 20, PTK menggunakan pendekatan kualitatif. Namun seiring berjalannya waktu, masalah di bidang pendidikan dan pengajaran juga semakin kompleks sehingga beberapa pendidik mulai menggunakan pendekatan kuantitatif. Makalah ini bertujuan untuk memaparkan PTK dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, disertai dengan contoh-contoh PTK di bidang pengajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing untuk memperkuat alasan penggunaan masing-masing pendekatan tersebut. Pendekatan apa pun yang digunakan”kualitatif atau kuantitatif”bukan menjadi masalah dan masih dapat disebut sebagai PTK, asalkan tujuan penelitian tersebut dapat dicapai, yaitu peningkatan kualitas pengajaran.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

paramasastra

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

discusses field-based research, literature research, and theoretical and methodological reflection on languages, literatures, and its teaching. This journal receives research-based articles or literary-based studies that will be published twice a year through the screening process. All articles ...