Sosietas: Jurnal Pendidikan Sosiologi
Vol 8, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI

PERSEPSI SISWA TENTANG PENDIDIKAN PERDAMAIAN DALAM MEMBANGUN INTERAKSI SOSIAL YANG POSITIF

Akbar, Muhamad Saepul (Unknown)
Rukman, Zeed Hamdy (Unknown)
Sabila, Amalika (Unknown)
Anggraeni, Leni (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2018

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting dalam membentuk pola perilaku anak-anak. Dengan pendidikan yang baik anak-anak diharapkan mampu memahami nilai-nilai yang berlaku hingga dapat menciptakan budaya damai. Pengembangan pendidikan perdamaian penting dilaksanakan sebagai salah satu upaya menerapkan budaya damai yang dilaksanakan di lingkungan sekolah khususnya di SMP Negeri 49 Bandung. Budaya damai harus dibiasakan sejak dini kepada anak-anak untuk menumbuhkan sikap toleransi kepada sesama makhluk hidup. Nilai toleransi inilah yang nantinya akan menjadi bentuk interaksi sosial yang baik dan positif. Interaksi sosial menjadi tolak ukur untuk mengetahui nilai sikap dan perilaku yang di miliki oleh seorang anak. Interaksi sosial ini juga didasari oleh kondisi lingkungan tempat seorang anak tumbuh. Untuk menciptakan interaksi sosial yang positif maka perlu dibentuk kondisi lingkungan yang mendukung. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan pendidikan perdamaian yang dilakukan di lingkungan sekolah bersama teman sebaya. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif dengan pendekatan fenomonologi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sosietas

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

The objective of SOSIETAS is to publish outstanding and original articles which advance the theoretical understanding of and promote and report empirical research about the widest range of sociological topics. The journal encourages, and welcomes, submission of papers which report findings using ...