Pandemi Covid-19 membuat berubahnya sistem pendidikan di Indonesia. Alternatif pembelajaran yang diterapkan semasa pandemi Covid-19 yaitu pembelajaran secara online/daring. Sistem pembelajaran secara online/daring berbeda dengan sistem pembelajaran konvensional yang biasa diterapkan disekolah. Perbedaan tersebut mengharuskan pendidik maupun peserta didik melakukan penyesuaian atau adaptasi dalam proses pembelajaran salah satunya pada proses pembelajaran biologi. Perbedaan sistem pembelajaran tersebut akan berpengaruh terhadap sikap dan gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap dan gaya belajar, serta menganalisis hubungan antara sikap dengan gaya pembelajaran biologi semasa pandemi Covid-19 tahun 2020-2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriftif kuantitatif. Sampel sebanyak 30 siswa dipilih dengan teknik Probability Sampling. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriftif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap siswa SMAN 1 Batulayar terhadap pelajaran biologi yang dilaksanakan secara daring/online semasa pandemi Covid-19 masuk kategori positif (73%). Gaya belajar biologi siswa SMAN 1 Batulayar semasa pandemi Covid-19 paling banyak terdapat di kategori gaya belajar visual (37%). Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai rxy (0,068) > ???? (0,05) yang berarti tidak terdapat hubungan antara sikap siswa dengan gaya pembelajaran biologi semasa pandemi Covid-19 tahun 2020-2021.
Copyrights © 2021