Jurnal Basicedu
Vol 6, No 1 (2022): February, Pages 1-1500

Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar

Fitriyanti Fitriyanti (Universitas Terbuka)
Sri Haryati (Universitas Tidar)
Aminuddin Zuhairi (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, dan (2) menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung,. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD di Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung. Jumlah guru SD se-Kecamatan Kedu adalah 240 orang yang tersebar dalam 26 Sekolah Dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah 150 orang SD se-Kecamatan Kedu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisa regresi ganda dengan tiga predictor. Dan uji analisis yang digunakan terdiri dari uji prasyarat dan uji hipotesis.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) supervisi Kepala Sekolah berpengaruh terhadap Kinerja Guru, (2) motivasi kerja berpengaruh terhadap Kinerja Guru, dan (3) Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja berpengaruh secara simultan dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (29,279 > 3,058) yang berarti bahwa variabel Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja berpengaruh simultan (bersama-sama) terhadap variabel Kinerja Guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...