Jurnal Basicedu
Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199

Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Fisika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif

Nadrah Nadrah (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2022

Abstract

Proses pembelajaran yang berpusat pada guru adalah salah satu penyebab emampuan menyelesaikan soal-soal fisika masih rendah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan proses pembelajaran adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Model ini menempatkan peserta didik sebagai pusat pembelajaran, dimana peserta didik diberi ruang untuk aktif saat pembelajaran berlangsung. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan jenis penelitian yang berisi perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode kooperatif untuk meningkatkan kemampuan penyelesaian soal-soal fisika. Subyek penalitian ini adalah kelas XI IPA-7  SMA Negeri 2 Makassar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilkukan diperoleh hasil bahwa pembelajaran melalui Model Pembelajaran Kelompok (Cooperative Learning) dapat meningkatkan keaktifan siswa dan membantu siswa untuk memahami materi yang sedang dipelajari. Hal ini dapat dilihat pada skor rata-rata yang diperoleh peserta didik pada tes akhir siklus dapat meningkat dari 74.15 pada siklus I menjadi 80.50 pada siklus II.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...