Jurnal Basicedu
Vol 5, No 6 (2021): December Pages 5001-6500

Keefektifan Model Pembelajaran Nobangan terhadap Nilai Kerja Sama Siswa Sekolah Dasar

Azizah Azizah (Universitas Tadulako, Indonesia)
Rahman H Iklas (Universitas Tadulako, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Nobangan berbasis permainan tradisional suku kaili terhadap nilai kerjasama siswa yang duduk di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuntitatif eksperimen yang menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan desain Nonequivalent Countrol Group Design. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 8 Mamboro Kota Palu. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Angket digunakan untuk mengukur nilai kerjasama yang terjalin pada siswa. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis yang menggunakan uji independen sampel t-test dengan berbantuan program SPSS Statistics versi 26. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan nilai signifikan 0,003 < 0,005 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya model pembelajaran Nobangan efektif digunakan dalam meningkatkan nilai kerjasama siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Nobangan berbasis permainan tradisional suku Kaili efektif digunakan terhadap nilai kerjasama siswa di sekolah dasar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...