Jurnal Basicedu
Vol 5, No 6 (2021): December Pages 5001-6500

Pengembangan Modul Tematik Berbasis Model Direct Intruction dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Muhammad Nizaar (Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia)
Haifaturrahmah Haifaturrahmah (Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia)
Abdillah Abdillah (Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia)
Nursina Sari (Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia)
Sirajuddin Sirajuddin (Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2021

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: (1)Kevalidan, (2)Kepraktisan (3)Keefektifan dari modul berbasis model direct intruction dalam meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah R&D (Research & Development) dengan mengadaptasi model 4D yaitu (1) Define (pendefinisian), (2) Design (perancangan), (3) Development (pengembangan), (4) Dessminate (penyebaran), dan menggunakan desain kelas one group pretes- posttest design. Adapun hasil pengembangan dari modul pembelajaran tematik berbasis model direct intruction menunjukkan hasil bahwa (1)Kevalidan dari produk modul pembelajaran tematik berbasis model direct intruction berhasil dikembangkan  persentase kevalidan produk sebesar sebesar 88,68%,  yang termasuk dalam kategori “Sangat Valid” (2)Kepraktisan dari produk modul tematik berbasis model direct intruction dengan hasil rata-rata 87% di kategori “sangat praktis”(3)Keefektifan dari modul pembelajaran tematik berbasis model direct intruction dengan besarnya n-gain skor memperoleh 0,754 yang termasuk dalam kategori tinggi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...