JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education)
Vol 5 No 2 (2021): JTIEE

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MENGENAL SATUAN WAKTU MELALUI MEDIA BELAJAR BERBASIS GAME EDUCANDY KELAS 2A SD NEGERI SEDATI

Alien Nisaul Hikmiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar daring dengan media belajar berbasis Game educandy tahun ajaran 2020-2021. Pemilihan media pembelajaran ini diharapkan dapat memunculkan daya saing antar siswa sehingga mendorong siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan termotivasi untuk mengerjakan latihan dan kuis dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar yang tinggi. Penelitian ini dianalisis dengan cara deskriptif kuantitatif, data awal yang diperoleh dalam bentuk kuantitatif lalu dianalisis secara deskriptif yaitu berupa skor yang dihasilkan dari tes atau evaluasi dan dihitung dengan menggunakan statistik sederhana yaitu data tes hasil belajar (post test). Penelitian ini dibagi menjadi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 18,4 yaitu dari 67,2 pada siklus I menjadi 85,6 pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan sebesar 30% yaitu dari 44% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa media Game dapat berpengaruh meningkatakan hasil belajar siswa karena game tersebut tidak membosankan dan tertantang untuk bermain game oleh karena itu siswa sangat tertarik dan antusias saat proses mengerjakan soal latihan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtiee

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

This journal facilitates teachers and researchers to publish their articles based on research, review, and practice. Topics for the articles published by this journal are teaching media, strategies, models, plans, evaluations and technologies especially in elementary ...