Bio-Lectura
Vol. 5 No. 1 (2018)

PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS VIII MTs JABAL NUR KANDIS T.A 2017/2018

Sri Wahyuni (Universitas Lancang Kuning)
Al Khudri Sembiring (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model Creative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November di MTs Jabal Nur Kandis kelas VIII Semester I Tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian the maching only pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling, sampel dalam penelitian ini adalah kelas kontrol VIIIB dengan jumlah siswa 26 dan kelas eksperimen VIIIA dengan jumlah siswa 28. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian pretest, posttest dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa uji-t independent 2 sample. Rerata N-Gain pada kelas eksperimen 0,67 (sedang) dan pada kelas kontrol 0,40 (kategori sedang). Berdasarkan uji dan independent sample terdapat perbedaa signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, hal ini diketahui dari nilai sig (2-tailed) posttest 0,000 < 0,05 dan nilai sig (2-tailed) posttest 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif model Creative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII MTs Jabal Nur Kandis tahun ajaran 2017/2018.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

BL

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bio-Lectura is a scientific journal containing research articles in Biology education scope. Bio-Lectura is published twice a year (April and October) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning. The editor receives posts that have not been published in other print ...