An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan dan Studi Islam
Vol 3 No 2 (2016)

KEBIJAKAN PENGELOLAAN DANA PENDIDIKAN TINGKAT SEKOLAH DALAM KONTEKS OTONOMI DAERAH

Ujang Cepi Barlian (Pascasarjana IAINU Kebumen)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2016

Abstract

Kesadaran tentang pentingnya pendidikan yang bermutu dapat memberikan harapandan kemungkinan yang lebih baik di masa mendatang. Hal ini telah mendorongberbagai upaya dan perhatian seluruh lapisan masyarakat untuk bisa meningkatkankualitas pendidikan. Sekolah sebagai institusi (lembaga) pendidikan, merupakanwadah tempat proses pendidikan dilakukan, memiliki sistem yang kompleks dandinamis. Dalam kegiatannya, sekolah adalah tempat yang bukan hanya sekadar tempatberkumpul guru dan murid, melainkan berada dalam satu tatanan sistem yang rumitdan saling berkaitan. Oleh karena itu, sekolah dipandang sebagai suatu organisasiyang membutuhkan pengelolaan, termasuk didalamnya pengelolaan dana. Otonomidaerah dan desentralisasi pendidikan menuntut pemerataan pelayanan pendidikanyang berkeadilan, antara lain mengenai pengelolaan dana pendidikan yang adil dantransparan. Ini perlu ditekankan dan diprioritaskan, karena dana merupakan salahsatu faktor penentu kualitas pendidikan yang secara langsung berkaitan dengantujuan pendidikan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

An-Nidzam

Publisher

Subject

Religion Humanities Chemistry Education Other

Description

An-Nidzam mengajak para cendekiawan, peneliti, dan mahasiswa untuk menyumbangkan hasil kajian dan penelitiannya di bidang-bidang yang berkaitan dengan Manajemen Pendidikan, Islam, masyarakat Muslim, yang meliputi kajian tekstual dan kerja lapangan dengan berbagai perspektif Pendidikan, Pembelajaran, ...