Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic
Vol 5 No 3 (2021): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic

Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Dengan Jarimatika pada Siswa kelas III SDN 32 Koto Sani

Dina Novarina Perdana (Universitas Ekasakti)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan metode jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 32 Koto Sani pada materi operasi hitung perkalian. Metode jarimatika adalah sebuah cara sederhana dan menyenangkan. Mengajarkan berhitung dasar kepada anak-anak menurut kaidah, dimulai dengan memahamkan secara benar terlebih dahulu tentang konsep bilangan, lambang bilangan, dan operasi hitung dasar, kemudian mengajarkan cara berhitung dengan jari-jari tangan. Prosesnya diawali, dilakukan dan diakhiri dengan gembira. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri atas dua siklus dengan mengambil data melalui tes. Rata-rata skor tes prestasi belajar matematika siswa meningkat di setiap siklus. Pada siklus pertama rata-rata tes prestasi belajar matematika siswa adalah 69,44 meningkat menjadi 93,33 pada siklus kedua. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa metode jarimatika dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III SDN 32 Koto Sani pada materi operasi hitung perkalian.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan scholastic merupakan Jurnal tentang Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan scholastic (JIPS) Menerbitkan jurnal ilmiah secara berkala pada bulan April, Agustus dan Desember. JIPS menerbitkan makalah penelitian, makalah Pendidikan. Edisi pertama JIPS diterbitkan pada tahun ...