Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi ICT Guru dalam pembelajaran melalui supervisi akademik dan untuk mengetahui aktivitas guru dalam pengembangan kompetensi ICT melelaui supervisi akademik di SD Negeri Sukamulya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru SDN Sukamulya sebanyak 7 orang. Waktu penelitian yaitu pada semester genap, bulan Pebruari sampai dengan bulan April 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik observasi. Berdasarkan hasil penelitian pengolahan dan analisis data terjadi peningkatan kompetensi guru dalam pengembangan ICT pada proses pembelajaran, melalui supervisi oleh kepala sekolah terhadap guru SD Negeri Sukamulya. Aktivitas guru dalam kegiatanpembinaan berkaitan dengan peningkatan kemampuan pengembangan pembelajaran berbasis ICT pada siklus kedua lebih baik daripada pada siklus kesatu.
Copyrights © 2020