Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan
Vol 10 No 1 (2022)

Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Teknik The Power of Two

Ike Yolanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2021

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih rendah pada mata pelajaran kimia kelas XI.4 SMK SMTI Padang. Model pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran kooperatif menggunakan teknik the power of two pada materi asam dan basa. Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif menggunakan teknik the power of two, aktivitas siswa kelas XI.4 menjadi meningkat begitu juga dengan hasil belajar yang diperoleh. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus terhadap 37 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan teknik persentase dan rata-rata. Keberhasilan tindakan berada pada posisi baik (76%) dan baik (84%), sedangkan rata-rata hasil belajar meningkat dari 66,35 menjadi 79,19 (saat pra siklus hanya 58,92) dengan ketuntasan belajar 54,05% dan 86,49%. Terdapat korelasi positif antara aktivitas siswa dengan hasil belajar yang diperoleh. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif menggunakan teknik the power of two pada mata pelajaran kimia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI.4 SMK SMTI Padang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PKWU

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The Journal of Education and Entrepreneurship is a place for scientific publications that publishes research articles from a variety of research methods both quantitative, qualitative, development and mix methods related to the study of economics, entrepreneurship, and ...