Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) Kemampuan kognitif anak kelompok B4 TK Kemala Bhayangkari 1sebelummenggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament. (2) Kemampuan kognitif anak kelompok B4 TK Kemala Bhayangkari 1 sesudah menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament. (3) Ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan kognitif anak kelompok B4 di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 1 Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan Kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 12 anak.. Yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu (1) Pre-Test/tes awal, (2) Treatmen/perlakuan, (3) Post-Test/test akhir. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian meliputi teknik observasi, wawancara, pengukuran.Hasil pre-test menunjukkan nilai rata-rata 14,58 sedangkan nilai post-test denganrata-rata 19,91.Berdasarkan data pre-test dan post-test maka dapat dilakukan dengan uji t melalui program SPSS 22 dengan hasil t hitung 10,721 sedangkan t tabel dengan taraf df=N-1=11-1=10 adalah 2.201 pada taraf signifikasi α=0,05. Dengan demikian nilai t hitung > t tabel (10,721 > 2.201). Dengan hasil tersebut berarti terdapat pengaruh kegiatan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan kognitif anak kelompok B4.Kata Kunci: Kooperatif, Team Games Tournamen
Copyrights © 2021