LENTERAL: Learning and Teaching Journal
Vol 1 No 2 (2020): LENTERNAL: Learning and Teaching Journal

Hubungan Antara Pembelajaran PAI Dalam Sistem Full Day School Dengan Perilaku Beragama Siswa (Studi Pada Siswa SMKN 1 Koba)

Ismail, Ismail (Unknown)
Basri, Basri (Unknown)
Putri, Dian Puspita Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Diambilnya permasalahan ini berdasarkan pertimbangan bahwa betapa pentingnya pendidikan keagamaan terutama kegiatan positif seperti akhlak untuk meningkatkan sikap taat menjalankan ajaran agama Islam bagi semua insan, terutama pada anak usia 15-21 tahun. Pada usia tersebut remaja masih memerlukan bimbingan dan dalam tahap perkembangan serta masih terus menggali jati diri yang sebenarnya menurut ajaran agama Islam itu sendiri sehingga lingkungan pun masih menjadi pengaruh masa pertumbuhannya. Lingkungan yang membawa pengaruh positif cenderung akan berdampak sangat baik bagi pertumbuhan remaja tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasi. Subyek penelitian ini adalah siswa SMKN 1 Koba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI di SMKN 1 Koba adalah tergolong sedang. Sedangkan sikap perilaku beragama siswa di SMKN 1 Koba adalah tergolong sedang. Adapun hasil uji korelasi terdapat hubungan yang signifikan antara pembelajaran PAI dengan perilaku beragama. Besar koefisien korelasi antara pembelajaran PAI dengan perilaku beragama yaitu sebesar 0,354. Hasil penelitian menunjukkan nilai rhitung (0,354)˃ rtabel (0,214), dan nilai signifikansinya 0,001˃ 0,05

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

LENTERNAL

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, ISSN Online 2721-9054 is a peer-reviewed journal and scientific journal published by IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. This journal aims to publish articles dedicated to all aspects of teaching and learning. The journal focuses on learning and ...