Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan
Vol 4, No 1 (2020): JURNAL RISET INSPIRASI MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN

Analisis Segmen Pasar Produk Handphone Berbasis Android di Lingkungan Mahasiswa di Banjarmasin

Abul Hasan Asyari (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin)
Arief Noviarakhman Zagladi (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2020

Abstract

This study aims to determine and analyze the market segment of android-based mobile users on college students in Banjarmasin. Sample used are 140 college Student. The variables used as a basis for segmentation are product attribute variables including indicators of quality, price, performance, durability, reliability, brand image, features, design, model, specifications, capacity, warranty and aesthetics. The analytical tool used is the K-Mean Cluster Analysis. The results showed that Cluster 1 is respondents who are concerned with price, performance, durability, features, specifications and warranty attributes. This cluster is named "Performance Cluster". Cluster 2 is the respondent who is concerned with all the attributes except the guarantee. This cluster is named "Product Cluster". Cluster 3 is respondents who are concerned with the attributes of features, models, capacities. This cluster is named "Cluster of Excellence". Keywords : market segment, quality, price, performance, durability, reliability, brand image, features, design, model, specifications, capacity, warranty and aesthetics  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis segmen pasar pengguna ponsel berbasis android pada mahasiswa di Banjarmasin. Sampel yang digunakan sebanyak 140 mahasiswa. Variabel-variabel yang digunakan sebagai dasar segementasi adalah variabel atribut produk meliputi indikator kualitas, harga, kinerja, daya tahan, kehandalan, citra merek, fitur, desain, model, spesifikasi, kapasitas, garansi dan estetika. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis K- Mean Cluster. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Klaster 1 adalah responden yang mementingkan atribut harga, kinerja, daya tahan, fitur, spesifikasi, dan garansi. Klaster ini  diberi nama “Klaster Kinerja”. Klaster 2 adalah responden yang mementingkan semua atribut kecuali garansi. Klaster ini  diberi nama “Klaster Produk”. Klaster 3 adalah responden yang mementingkan atribut fitur, model, kapasitas. Klaster ini  diberi nama “Klaster Keunggulan” Kata Kunci : segmen pasar, kualitas, harga, kinerja, daya tahan, kehandalan, citra merek, fitur, desain, model, spesifikasi, kapasitas, garansi, estetika

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JRIMK

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan terbit 2 (dua) kali dalam setahun yakni bulan Maret dan bulan September. Jurnal ini diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Banjarmasin yang penerbitannya dimulai pada bulan Maret 2017. Tujuan penerbitan Jurnal Riset ...