JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 4 No. 1 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengaruh Modal Psikologis dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Guru Dimoderasi Gaya Kepemimpinan Transformasional

Amiluddin, Amiluddin (Unknown)
Fauzan, Mohammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini untuk meneliti pengaruh modal psikologis dan komitmen organisasional terhadap kinerja guru dimoderasi gaya kepemimpinan transformasional pada SMK Negeri di Kabupaten Pemalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana pengaruh modal psikologis dan komitmen organisasional terhadap kinerja guru dimoderasi gaya kepemimpinan transformasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru SMK Negeri di Kabupaten Pemalang yang berjumlah 133 orang. Data penelitian adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden dengan kuesioner. Metode analisis data menggunakan Moderation Regression Analisys (MRA) tipe quasi moderator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal psikologis tidakberpengaruh terhadap kinerja guru. Komitmen organisasional berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Gaya kepemimpinan transformasional tidak memoderasi pengaruh terhadap modal psikologis dengan kinerja guru. Gaya kepemimpinan transformasional tidak memoderasi pengaruh terhadap komitmen organisasional dengan kinerja guru

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...